Posted by : muchamadsamiaji
Selasa, 03 Oktober 2017
Pengaruh Teknologi Terhadap Perkembangan
Grafis
Perkembangan
Desain Grafis di Berbagai Media
Pada awalnya, media desain grafis hanya terbatas pada
media cetak (dua dimensi). Namun, perkembangannya hingga saat ini semakin tidak
terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan
video). desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering
kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi
pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis
bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan
ruang.
Beberapa
Software Dalam Desain Grafis
Perkembangan software tentunya akan
menghasilkan gambar yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Hal ini tentunya
tidak terlepas dari penggunaan software. Ada beberapa software yang digunakan
dalam hal desain grafis antara lain:
- Adobe
Photoshop
- Adobe
Illustrator
- Adobe
After Effect
- CorelDraw
- Macromedia
Freehand
- Dll
Pengaruh
Kebudayaan dan Teknologi dalam Membuat Desain Grafis
·
Pengaruh
Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat
karena kebudayaan merupaka sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.
Budaya digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu
desain grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam
pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
·
Pengaruh
Teknologi
Dalam hampir dua dekade ini teknologi komputer telah
mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara khusus.
Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi yang satu ini mendorong
terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis. Bila Anda masih mempunyai
majalah, kemasan produk, atau iklan yang dikeluarkan sekitar enam puluhan,
cobalah amati dan bandingkan dengan produk sejenis yang keluar sekitar dua
dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di sana-sini. Sangat jarang kita temui
iklan dengan gambar outline dan back ground satau warna primer seperti yang
sering muncul di iklan-iklan cetak enam puluhan. Halaman-halamn majalah kini
menjadi begitu berwarna dengan model, warna-warna, komposisi yang terasa begitu
nyata.
Bidang studi
yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis
·
Psikologi
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan
ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia
secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikologi.
Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu
maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan
neurobiologis yang mendasari perilaku. Psikologi ini berkaitan dengan desain
grafis contohnya dalam bidang Psikologi warna.
·
Ergonomi
Dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari
pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik yang
menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik
komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara
manusia dan mesin.
·
Ilmu Bahasa
Ilmu Bahasa Komunikasi manusia-komputer secara
definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah bahasa itu
merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal, berbasis
menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah
pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa
teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi
matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia
Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu komputer
dan teknik elektronika.
·
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan
studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada struktur lingkungannya.
·
Teknik
Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi kerangka kerja untuk
desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai komputer, khususnya
dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan mengenai Teknik
Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus mengerti perangkat
lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan dikembangkan. Bidang teknik
elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka perancangan suatu sistem
interaksi mausia-komputer.
Manfaat
Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point
ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa
lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori
saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa
penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh
manusia,dan sebagainya.
Hiburan
Tidak
memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan
grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara
sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini
berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk
membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan
untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan
lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan
berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan
dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model
yang sama seperti aslinya
Budaya
Seperti yang kita tau bahwa desain pemodelan grafik
dapat digunakan dalam berbagai macam hal. Misalnya seperti dalam hal budaya.
Kita dapat melihat desain grafik pada bidang budaya. Misalnya seperti pahatan
batu pada candi-candi di Indonesia, desain gambar pada batik. Pada pahatan batu
yang terdapat dicandi biasanya merupakan gambar-gambar tentang kehidupan
orang-orang pada jaman tersebut. Bisa juga dibalik gambar pahatan(relif)
tersebut berkisah tentang sejarah-sejarah. Sedangkan batik merupakan seni orang
Indonesia dalam hal kerajinan membatik. Gambarnya saja berbagai macam rupa.
Dari gambar binatang dan tanaman sampai akhirnya sekarang berkembang menjadi
gambar bentuk orang, awan, relif, dan banyak gambar lainnya lagi. Jadi dapat
disimpulkan bahwa desain pemodelan grafik pada bidang budaya berguna sebagai
penggambaran sejarah dan nilai seni dalam budaya tersebut.
Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin ilmu lainnya, terkait
dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi mempengaruhi bagaimana desain
yang diproduksi dan juga mempengaruhi perkembangan dalam gaya, seni dan
masyarakat secara keseluruhan, yang pada gilirannya tercermin dalam bentuk
desain. Teknologi juga menawarkan desainer berbagai media untuk proyek-proyek
mereka.
Desain
Pemodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia dan Komputer
Kemampuan
estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting
terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi
lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk
menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di
semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan
latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan
beberapa keahlian ilmu manusia.
Suatu
alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan
tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin
dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat
kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan
komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem
sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.
Sumber: